Selasa, 25 Juli s.d Kamis, 27 Juli 2017 merupakan waktu bagi siswa-siswi baru SMA Charitas kelas X tahun ajaran 2017/2018 mengikuti kegiatan outbound. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan karakter bagi para peserta didik baru.

Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan mendesak untuk ditanamkan dalam diri peserta didik sejak dini. Pendidikan karakter ini menjadi dasar utama untuk membentuk generasi bangsa yang berkarakter.

Didampingi oleh Bapak Sigit dan Ibu Sigit yang lebih terkenal dengan sebutan Papi Mami beserta timnya, siswa-siswi baru SMA Charitas diajak untuk berdinamika selama tiga hari dua malam di Taman Piknik Ciloto, Bogor, Jawa Barat. Siswa-siswi diajak untuk mengenal pribadi dan karakter mereka. Outbound yang diberikan memakai tiga macam pendekatan, yaitu dinamika kelompok, initiative problem solving, dan pengembaraan di alam bebas.  Melalui beberapa games yang disediakan siswa-siswi juga diajak untuk memerangi beberapa hal yang kurang baik yang tidak mendukung pembentukan karakter mereka, seperti kemalasan, ketakutan, penundaan, gangguan, dan ketidaksabaran. Para siswa dilatih menjadi lebih berani menunjukkan potensi dan membangun karakter-karakter seperti leadership yang berdasarkan iman, pengharapan dan kasih, kedisiplinan, kerjasama, kegembiraan, keterbukaan, kebersamaan, kerendahan hati, kepekaan, daya juang, kepedulian dan cinta tanah air.

Dalam proses selama outbound seluruh siswa terlibat aktif. Para fasilitator memotivasi siswa-siswi untuk berani menjadi climbers yang mempunyai daya juang yang tinggi, tidak mudah menyerah (quiter) atau menjadi cepat puas (camper) untuk mencapai cita-cita mereka di masa depan.

Facebook Comments
id Indonesian
X